Selasa, April 17, 2012

Voice Pawai Budaya dan Konser Kemanusiaan Kampanye Perdamaian untuk Indonesia Timur di Yogyakarta




VOTE (Voice from the East) merupakan sebuah gerakan kampanye sosial yang digagas oleh seniman dan penggiat social untuk mengembalikan martabat kemanusiaan, perdamaian, kesejahteraan, pelestarian lingkungan, demokratisasi serta merawat keberagaman dan budaya di Indonesia Timur. Bagi VOTE, Indonesia Timur adalah benteng terakhir keserasian hidup manusia dan lingkungan hidup di Indonesia. Keindahan alam dan persaudaraan sesama manusia adalah wajahKeindahan alam dan persaudaraan sesama manusia adalah wajah asli Indonesia

VOTE bertujuan membuka mata batin masyarakat Indonesia tentang kekerasan modal dan penguasa yang telah menghancurkan tatanan sosial dan hak masyarakat serta lingkungan untuk hidup dalam harmoni seperti sediakala ketika negeri ini diproklamasikan, yakni mewujudkan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Di samping itu, VOTE juga bermaksud membangun kesadaran masyarakat untuk mengetahui kondisi-kondisi nyata Indonesia Timur; dan meningkatkan solidaritas sosial untuk membantu Indonesia Timur dari keterpurukan serta eksploitasi alam yang berlebihan. Atas dasar inilah, VOTE mendesak negara untuk memulihkan rasa kemanusiaan masyarakat Indonesia bagian Timur dan menghentikan seluruh praktek tak manusiawi yang terjadi hingga saat ini.

Untuk terus menyuarakan hal ini, VOTE akan menyelenggarakan Pawai Budaya dan Konser Kemanusiaan di Yogyakarta, 14 April 2012 nanti. Yogyakarta merupakan wilayah yang memberikan ruang bagi semua masyarakat Indonesia untuk menimba ilmu, berkreasi, berkembang dan menjalin persaudaraan sesama anak bangsa. Keberagaman suku, budaya agama dan latar belakang dapat tumbuh dan berkembang di Jogja dimana ruang-ruang publik juga terbuka bagi semua kalangan. Hal ini sejalan dengan semangat mempertahankan keistimewaan Jogya sebagai rumah bersama bagi seluruh anak bangsa, sekaligus memperingati I Abad HB IX.

Kegiatan ini diharapkan mampu membangun solidaritas budaya dengan meneguhkan kebhinnekaan dari Yogyakarta serta membangun keadilan, kemanusiaan yang berkebudayaan dengan menjadikan Yogyakarta sebagai rumah yang nyaman dan aman bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk masyarakat Indonesia Timur.
Pawai Budaya akan dilaksanakan mulai pukul 14.00 WIB yang akan diikuti oleh masyarakat yang menggunakan pakaian tradisional atau kostum kesenian dengan diiringi berbagai tari tradisional. Pawai Budaya akan dimulai dari Taman parkir Abu Bakar Ali melalui jalan Malioboro dan berakhir di Alun-alun Selatan Jogja dengan disambut oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.
Acara berlanjut dengan Konser Kemanusiaan di Alun-alun Utara Jogja, yang dimulai pada pukul 15.00 WIB. Konser Kemanusiaan ini akan menghadirkan Slank, NTT bermusik, Edo Kondologit, Kuaetnika n Djaduk, Pandji, JHF, Glenn Fredly, Tompi, Shagy Dog serta Superman is Dead yang akan menyuarakan keprihatinan dan dukungannya terhadap situasi di Indonesia Timur. Pada acara ini VOTE juga menyediakan kuliner masakan Indonesia Timur, kontes foto, sudut tatoo, permainan tradisional serta booth-booth kampanye untuk perlindungan kemanusiaan, lingkungan serta keberagamanan di Indonesia Timur.
Setelah acara ini, VOTE akan menyelenggarakan konser kemanusiaan di berbagai wilayah di Indonesia Timur untuk terus membangun gerakan bersama bagi Indonesia Timur.
VOTE mengajak masyarakat Yogyakarta untuk hadir dalam acara ini dan mendukung kampanye kemanusiaan untuk Indonesia Timur!

Jakarta, 8 April 2012
Voice from the East

Informasi dan mobilisasi dukungan ini bisa diapresiasikan lewat :
situs VOTE : www.voicefromtheeast.org
twitter : @vote_id
facebook fan page: facebook@voicefromtheeast.org.

Untuk mendapatkan informasi langsung serta berbagai merchandise, pernak pernik dari Indonesia Timur dapat mengunjungi secretariat dan toko VOTE di FX. Lifestyle Centre Senayan lantai 4.
Dukungan berupa dana sejumlah Rp. 10.000 (sepuluh ribu) rupiah untuk Indonesia Timur dapat disampaikan lewat secretariat VOTE atau melalui rekening dibawah ini

Nama rekening : Perkumpulan ICW
Nama Bank : Bank Nasional Indonesia
Nomor rekening : 005.612.4374

Atau

Nama rekening : Indonesia Corruption Watch
Nama bank : BCA cabang Cikini
Nomor rekening : 878.0188.228

Untuk konfirmasi lebih lanjut, silakan menghubungi: Illian Deta Sari (0818.821.412)

0 komentar:

Posting Komentar